Subscribe:

Kamis, 22 September 2011

Direktur KTD Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub Buka Pekan Keselamatan Transportasi Tingkat Provinsi Lampung Di Pringsewu

PRINGSEWU - Direktur Keselamatan Transportasi Darat (KTD) Ditjen Perhubungan Darat Hotma Simanjuntak, Kamis (22/9) membuka Pekan Nasional Keselamatan Transportasi Jalan dan Dekade Aksi Keselamatan Jalan tahun 2011 tingkat Provinsi Lampung yang dipusatkan di Kabupaten Pringsewu.
Acara yang digelar di halaman Pendopo Pemda Kabupaten Pringsewu tersebut juga dihadiri Sekdaprov Lampung Berlian Tihang beserta jajaran fokorpimda Provinsi Lampung, Sekdakab Pringsewu Idrus Effendi beserta jajaran fokorpimda Kabupaten Pringsewu.

Direktur Keselamatan Transportasi Darat Ditjen Perhubungan Darat Hotma Simanjuntak mengatakan keselamatan adalah bukan barang murah oleh karena itu pemerintah pusat perlu memotivasi pemerintah daerah untuk terus meningkatkan keselamatan jalan dimana  targetnya pada 2012 Kementerian Perhubungan khususnya Direktorat Keselamatan Transportasi Darat menganggarkan pendanaan untuk melakukan sosialisasi keselamatan transportasi jalan di seluruh provinsi di Indonesia.
Menurut data Kepolisian RI tahun 2010, kata Hotma,  jumlah kematian akibat kecelakaan lalu lintas telah mencapai 31.600 jiwa, dan kecelakaan lalu lintas menduduki rangking ke-7 penyebab kematian di Indonesia, sehingga bila tidak diperbaiki, akan menjadi rangking ke-3 setelah HIV dan TBC.
"Setelah Aksi Keselamatan Jalan dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2007, PBB melalui World Health Organization (WHO) melihat data kematian akibat kecelakaan lalu lintas tidak berkurang secara signifikan. Dengan Deklarasi Aksi Keselamatan Jalan 2011-2020 yang telah  dicetuskan, diharapkan  sampai 2020 angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia turun menjadi 15.300," kata Hotma.

Sekdakab Pringsewu Idrus Effendi membacakan sambutan Bupati Pringsewu menyatakan posisi Pringsewu  yang sangat strategis berada di Jalur Lintas Barat sehingga diperlukan tingkat kedisiplinan yang tinggi dalam berlalu lintas, mengingat kondisi lalu lintas daerah ini yang cukup padat.
"Dengan kesadaran akan tertib berlalu lintas diharapkan kondisi lalu lintas di Pringsewu akan lebih nyaman, tertib, dan aman," ujarnya.
Dalam kesempatan tersebut juga digelar pawai kampanye aksi keselamatan transportasi dan jalan raya dengan menggunakan sepeda motor menyusuri sejumlah ruas jalan di kota Pringsewu dari halaman pendopo Pemda Pringsewu melalui Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Olahraga, Jalan Satria, Jalan KH Ghalib Raya, Jalan Veteran, kembali ke Jalan Jenderal Sudirman serta  finish di halaman pendopo pemda setempat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar