Subscribe:

Selasa, 31 Mei 2011

Pringsewu Jadi Kota Transit Wisatawan Asing


PRINGSEWU - Kota Pringsewu nampaknya sudah menjadi lokasi transit dan tempat persinggahan favorit bagi para turis asing yang melintas di Jalur Lintas Barat (Jalinbar).

Hal tersebut terlihat dengan banyaknya para wisatawan mancanegara (wisman) yang belakangan marak terlihat di sejumlah sudut jalanan  ibukota Kabupaten Pringsewu tersebut.

Para turis asing rupanya telah menjadikan Kota Pringsewu sebagai pilihan untuk sekedar beristirahat maupun berbelanja berbagai barang kebutuhan sebelum melanjutkan perjalanannya menuju sejumlah obyek wisata di sepanjang pantai barat Sumatera, seperti kawasan Tanjung Setia maupun kawasan pesisir Krui lainnya hingga Bengkulu.

Nuno, seorang wisatawan asing asal Portugal mengaku lebih memilih beristirahat di Kota Pringsewu, sebelum melakukan perjalanan wisata menuju daerah pesisir Lampung Barat.

”Kami sengaja singgah dulu di Pringsewu untuk beristirahat dan berbelanja,” ujarnya dalam bahasa Inggris, saat berbelanja di sebuah toko selular di sekitar kawasan Tugu Bambu Pringsewu, kemarin.

Menurut Nino yang datang berombongan menggunakan sejumlah kendaraan rental bersama rekan-rekan senegaranya, dipilihnya Kota Pringsewu untuk melepaskan lelah dan berbelanja aneka kebutuhan di perjalanan, karena kondisi kota ini yang terbilang nyaman dan lengkap.

”Selain itu disini lebih aman dan banyak toko-toko swalayan sehingga kami mudah membeli barang kebutuhan kami di perjalanan nanti,” tambah pria yang mengaku masih lajang ini.

Secara terpisah, John, yang berasal dari Sidney, Australia, juga mengungkapkan hal yang sama.

”Kami bersama rekan-rekan beristirahat sejenak di Pringsewu untuk mengisi perut, selain untuk berbelanja makanan untuk kami bawa dalam perjalanan,” akunya, saat menikmati makan siang di sebuah rumah makan di dekat Kantor Bupati Pringsewu.

Ia dan rekan-rekannya yang mengaku hendak melakukan surfing (berselancar) di pantai Tanjung Setia ini sebelumnya sempat menyusuri jalan-jalan di Kota Pringsewu.

”Kami datang berombongan bersama kawan-kawan. Warga sini sangat ramah, mereka banyak senyum kepada kami,” tuturnya dalam bahas Inggris ber-aksen Australia.

Berdasarkan pantauan, beberapa waktu belakangan, sejumlah turis asing memang terlihat di beberapa sudut Kota Pringsewu. Para bule tersebut tampak keluar kendaraan dan berjalan-jalan di sejumlah sudut jalan, sedangkan yang lain tampak asyik berbelanja di sebuah toko swalayan.
Para turis asing tersebut sengaja singgah di Kota Pringsewu untuk beristirahat sambil berbelanja sebelum melanjutkan perjalanan ke kawasan pantai wilayah Pesisir Krui ataupun Bengkulu untuk berwisata. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar