Subscribe:

Selasa, 09 November 2010



Pemkab Pringsewu Peringati
Hari Pahlawan
PRINGSEWU - Peristiwa heroik mempertahankan bumi pertiwi dalam peristiwa 10 November 1945 di Kota Surabaya merupakan bukti nyata kekuatan dan semangat juang bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dengan mempersatukan jiwa dan raga secara tulus dan ikhlas, dimana  seluruh komponen bangsa bersatu padu mengusir penjajah yang ingin berusaha menancapkan kembali kekuasaannya di bumi Indonesia. Untuk itu, herndaknya kita senantiasa mengedepankan upaya menumbuh kembangkan nilai kepahlawanan dengan mengambil makna yang terkandung di dalamnya untuk kemudian diimplementasikan dalam kehiidupan sehari-hari.
Demikian dikatakan Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi, SH, MH dalam amanatnya yang dibacakan Sekdakab Pringsewu Drs.H.Zulkifli Maliki saat upacara peringatan Hari Pahlawan  yang digelar di halaman Pendopo Kabupaten Pringsewu, Rabu (10/11).
Menurut bupati,  para pendiri bangsa menyatakan bahwa ‘hanya bangsa yang menghargai jasa pahlawannya, dapat menjadi bangsa yang besar, karena itu hendaknya  kita menghayati dan menjadikan momentum ini sebagai inspirasi  untuk memacu kita dalam mengisi kemerdekaan ini.
“Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2010 yang mengangkat tema ‘Dengan Semangat Nilai Kepahlawanan Kita Tingkatkan Kesetiakawanan Sosial Nasional’, hendaknya dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan kebersamaan untuk mengatasi berbagai masalah yang melanda Bbngsa Indonesia saat ini,”  katanya.
Berbagai permasalahan yang kita hadapi, kata dia, mulai dari kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, keterpencilan sampai pada bencana alam serta masalah sosial lainnya,  yang memerlukan perhatian dan keseriusan untuk menanggulanginya. Selain itu, dengan kesetiakawanan sosial yang diwujudkan dengan saling menghargai, menghormati, tolong menolong, membuat kita tidak akan mudah terprovokasi dan sebaliknya akan menguatkan solidaritas yang memperkokoh keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Selain itu, pada tanggal 12 November mendatang kita juga akan memperingati Hari Kesehatan Nasional, dimana melalui peringatan HKN  tersebut, mari kita menggaungkan pesan-pesan kesehatan agar kita lebih mensyukuri karunia Allah berupa kesehatan dan menindaklanjutinya dengan perbuatan,” ujarnya.
Lebih lanjut dipaparkan Pj Bupati Pringsewu, kesehatan sangat penting artinya dan merupakan hak asasi manusia., sehingganya  kita praktekkan dalam hidup kita, meskipun  terkadang  baru  disadari akan pentingnya kesehatan apabila sudah sakit.
“Melalui peringatan HKN ini, mari kita tanamkan perilaku hidup yang bersih dan sehat sejak dini dalam keluarga, dimana dari keluarga yang sehat akan dapat membentuk masyarakat yang sehat pula, dan dengan begitu,derajat kesehatan masyarakat akan meningkat  sehingga akan mampu meningkatkan produktifitas pula,”  ajak Pj Bupati.
Melalui HKN ke-46 tahun 2010 ini pula, dengan tema ‘Keluarga Sehat Investasi Bangsa’, Pj Bupati Pringsewu menghimbau  agar selalu ditingkatkan perilaku sehat keluarga sejak dini agar pada tahun 2014 mendatang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Kabupaten Pringsewu dapat meningkat.
“Dalam kesempatan baik ini, saya mengajak kita sekalian untuk menerapkan pola sehat dengan makan dengan gizi seimbang,dengan memilih makanan yang banyak serat, seperti sayuran dan buah-buahan, menghindari narkoba, alkohol, rokok dan HIV-AIDS yang sangat membahayakan kesehatan, mengendalikan stress, antara lain dengan membiasakan 6 S yakni syukur, senyum, memberi salam atau sapaan kepada teman-teman, bersikap sopan dan berlaku santun, serta peduli lingkungan  seperti melakukan 3 M (menutup, menguras, menimbun, red) untuk mencegah demam berdarah, membuang sampah pada tempatnya, mengatur pembuangan limbah, dan pola cara hidup sehat lainnya,” pungkasnya. (*/Humas/Isnanto Hapsara, A.Md)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar