Subscribe:

Selasa, 19 Juli 2011

Kampanye Gemarikan di Pringsewu

PRINGSEWU - Di zaman serba instan seperti saat ini, seringkali kita mengandalkan makanan siap saji (fastfood) yang sebenarnya berbahaya bagi kesehatan. Sementara di sekitar kita sebenarnya juga terdapat banyak sumber makanan sehat yang sangat baik untuk tubuh, yang salah satunya adalah ikan. Ikan mengandung protein tinggi, Omega 3, Omega 6 dan Omega 9 yang baik untuk perkembangan otak dan kecerdasan, serta  tidak mengandung kolesterol sehingga baik untuk kesehatan. Selain memiliki kandungan gizi  tinggi, harga ikan juga lebih terjangkau dibandingkan harga daging, sehingga dapat dinikmati oleh golongan masyarakat yang lebih luas.

Hal tersebut dikatakan Penjabat Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setdakab Pringsewu Drs.H.Gatot Susilo, MM saat pencanangan  kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Panti Wecono Podomoro, Pringsewu, Kamis (21/7).

Di Provinsi Lampung sendiri, kata bupati, konsumsi ikan di masyarakat baru mencapai 19 kg/kapita/tahun, artinya sangat jauh bila dibandingkan dengan masyarakat Jepang yang konsumsi ikannya mencapai 113 kg/kapita/tahun.
"Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyambut kampanye Gemarikan yang diselenggarakan melalui kerjasama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Lampung dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan atau Forikan Provinsi Lampung, dalam rangka mendorong peningkatan konsumsi ikan nasional," katanya.

Bupati juga berharap kegiatan ini akan mampu meningkatkan ketertarikan mengkonsumsi ikan di masyarakat kita, sehingga masyarakat  akan tumbuh menjadi masyarakat yang sehat, cerdas, dan sejahtera.
"Saya yakin,  kegiatan Kampanye Gemarikan akan membawa manfaat yang nyata bagi kabupaten tercinta ini, dimana anak-anak akan mencintai makanan olahan ikan disamping orang tua juga  akan semakin pandai mengolah ikan guna dijadikan berbagai makanan menarik dan tidak membosankan. Selain itu, Kabupaten Pringsewu  juga akan semakin terkenal sebagai sentra budidaya ikan air tawar," tandas bupati.

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua TP-PKK Provinsi Lampung yang juga Ketua Forikan Lampung Ny.Hj.Truly Sjachroedin ZP, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Ny.Hj.Yuliati Joko Umar Said, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Lampung Ny.Ida Berlian Tihang, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Lampung Ardi Wijaya, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Lisnalela Sudarno Eddi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Idrus Effendi,  jajaran Pemkab Pringsewu, serta para pelajar SD dari Pekon (Desa) Podomoro dan Rejosari, Kecamatan Pringsewu tersebut juga  dilakukan pembagian makanan serba ikan kepada siswa-siswi Sekolah Dasar, demo pengolahan ikan bagi orang tua siswa, penebaran benih ikan di Bendungan Podomoro, Pringsewu, serta perlombaan paduan suara Forikan yang dimenangi oleh SD Negeri 1 Podomoro.  (*)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar