Subscribe:

Selasa, 24 Mei 2011


Pemkab Pringsewu Canangkan Bulan Bhakti Gotongroyong & HKG PKK
PRINGSEWU - Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  dan Hari Kesatuan Gerak PKK merupakan upaya untuk menghidupkan dan menggelorakan kembali semangat kegotong-royongan dan keswadayaan masyarakat dalam pembangunan. Sebagaimana diketahui, bahwa semangat kegotong-royongan serta kebersamaan yang telah turun temurun dan mendarah daging dalam kehidupan masyarakat, telah melahirkan dan menciptakan masyarakat yang dapat hidup rukun dan damai, penuh kekeluargaan, keakraban, serta bahu membahu dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
 Hal tersebut dikatakan Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi saat membuka sekaligus mencanangkan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat ke-8 dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-39 tingkat Kabupaten Pringsewu di Lapangan Pekon (Desa) Sukoharjo III, Kecamatan Sukoharjo, Selasa (24/5).
Menurut bupati, pembangunan masyarakat tentunya memerlukan suatu sinergi dari semua unsur, karena masyarakat  pekon/kelurahan merupakan dasar dari pembangunan di semua tingkatan. Begitu pula dengan ketertinggalan yang dialami oleh suatu kelurahan/pekon juga merupakan ketertinggalan secara nasional.
“Betapapun kecilnya kesenjangan yang dialami masyarakat, harus benar-benar dapat dihilangkan, sehingga prinsip pembangunan dari, oleh dan untuk rakyat, dapat diwujudkan sebagai manifestasi dan cita-cita bersama untuk menuju masyarakat yang sejahtera,” kata bupati.
Selain itu, lanjut bupati, kearifan nilai-nilai sosial budaya lokal dalam aspek kegotong-royongan patut diberdayakan, dilestarikan dan dikembangkan, sehingga menjadi potensi dalam pelaksanaan pembangunan kelurahan/pekon. Melalui peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat  dan Hari Kesatuan PKK ini, diharapkan dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam rangka keanekaragaman masyarakat dan dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan.
“Saya mengajak kepada seluruh elemen  masyarakat, mari kita giatkan kembali budaya gotong royong dalam melaksanakan pembangunan di Bumi Jejama Secancanan yang kita cintai ini. Dan kepada para camat, saya menghimbau untuk dapat memfasilitasi Tim Penggerak PKK dalam rangka pelaksanaan 10 Program Pokok PKK melalui kegiatan nyata di masyarakat seperti LPM dan Tim Penggerak PKK pekon atau kelurahan sebagai motor penggerak gotong royong di masyarakat,” ujarnya.
Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, Wakil Bupati Tanggamus KH.Sujadi Saddad, Sekdakab Pringsewu Ilyasa, para asisten dan staf ahli, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Dra.Hj.Lisnalela Sudarno Eddi, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Pringsewu Ny.Hj.Idrus Effendi, jajaran fokorpimda, para kepala SKPD di lingkungan Pemkab Pringsewu, para camat dan kapolsek, kepala pekon, serta tokoh masyarakat lainnya.
Diserahkan pula sejumlah hadiah kepada para juara lomba desa dan kesrak PKK, penghargaan bagi para kader PKK, serta bantuan bupati  berupa selimut untuk ibu hamil, dan lainnya.
                                                 
 
 (*/Humas & Protokol Pemkab Pringsewu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar