Subscribe:

Senin, 11 Oktober 2010

60,39 Persen Desa Di Pringsewu Siaga Aktif

PAGELARAN - Visi pembangunan kesehatan di Indonesia, yakni menuju Indonesia Sehat 2010, menggambarkan bahwa pada tahun 2010 bangsa Indonesia hidup dalam lingkungan yang sehat, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu secara adil dan merata, sehingga memiliki derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Guna mendukung visi pemerintah tersebut, Pemkab Pringsewu mencanangkan visi kesehatan masyarakat, termasuk  Pemprov Lampung yang  mencanangkan Visi Masyarakat Lampung Sehat dan Mandiri, serta Gerakan Menuju Desa Sehat (GMDS) pada  tanggal 3 Juni 2006 lalu oleh Gubernur Provinsi Lampung, disamping telah diterbitkan pula Surat Edaran Gubernur Lampung No.890/2637/07/2006 tentang Gerakan Menuju Desa Sehat (GMDS).

Demikian dikatakan Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi, SH, MH saat  menerima kunjungan tim penilai lomba Gerakan Menuju Desa Sehat - Desa Siaga Aktif (GMDS-DSA) Tingkat Provinsi Lampung di Pekon (Desa) Gemah Ripah, Kecamatan Pagelaran, Senin (11/10).

Dikatakan Pj Bupati Sudarno Eddi, Kabupaten Pringsewu yang merupakan salah satu dari 14 kabupaten dan kota  di Provinsi Lampung, telah turut berpartisipasi dalam pengembangan Gerakan Menuju Desa Sehat-Desa Siaga Aktif (GMDS-DSA).

“Dari 101 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Pringsewu telah dibentuk Poskesdes, namun demikian baru 61 desa atau sekitar 60,39 %  yang telah menjadi Desa Siaga Aktif,” katanya.


Di Pringsewu, lanjut Pj Bupati, pekon dan kelurahan yang telah menjadi Desa Siaga Aktif adalah Pekon Gemah Ripah Kecamatan Pagelaran dan Kelurahan Pringsewu Utara Kecamatan Pringsewu.


“Dengan keberhasilan Pekon Gemah Ripah dan Kelurahan Pringsewu utara menjadi Desa Siaga Aktif, telah menghantarkan Pekon dan Kelurahan tersebut sebagai peserta Lomba Gerakan Menuju Desa Sehat-Desa Siaga Aktif (GMDS-DSA) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2010, dan diharapkan dalam Lomba Gerakan Menuju Desa Sehat-Desa Siaga Aktif (GMDS-DSA) Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2010 ini, Pekon Gemah Ripah Kecamatan Pagelaran dan Kelurahan Pringsewu Utara dapat menjadi Desa Siaga Aktif Percontohan di Wilayah Kabupaten Pringsewu khususnya, dan Provinsi Lampung pada umumnya,”  harap Sudarno Eddi.

Lebih lanjut diutarakan Pj Bupati Pringsewu, dukungan dari Pemprov Lampung dalam memunculkan kedua daerah tersebut sebagai contoh Desa Siaga Aktif yang terbaik di Provinsi Lampung tentunya akan lebih memacu Pemkab Pringsewu untuk bekerja sama baik lintas program, lintas sektoral, organisasi masyarakat atau profesi, LSM, dan dunia usaha dalam membina dan mengembangkan seluruh pekon dan kelurahan menjadi Desa Siaga Aktif.


“Semoga kegiatan lomba GMDS-GSA ini dapat memacu semangat kerjasama serta mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat Pringsewu,”  pungkasnya.

 

Mewakili Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Ketua Tim Penilai Lomba GMDS-DSA Provinsi Lampung Christin berharap dengan diadakannya lomba tersebut dapat  meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sekaligus dapat memacu perkembangan kesehatan masyarakat di Provinsi Lampung.


Dalam lomba GMDS-DSA 2010 ini, Kabupaten Pringsewu mengikut sertakan Pekon Gemah Ripah Kecamatan Pagelaran, serta Kelurahan Pringsewu Utara, Kecamatan Pringsewu. Setelah menilai Pekon Gemah Ripah, Kecamatan Pagelaran, tim selanjutnya mengunjungi Kelurahan Pringsewu Utara untuk menilai kelurahan tersebut.


Hadir dalam kesempatan tersebut, selain Pj Bupati Pringsewu H.Sudarno Eddi, SH, MH dan Sekkab Pringsewu Drs.H.Zulkifli Maliki, para asisten serta jajaran Pemkab Pringsewu, Ketua DPRD Pringsewu Ilyasa, Ketua TP-PKK Kabupaten Pringsewu Ny.Sudarno Eddi, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Pringsewu Ny.Zulkifli Maliki, serta para kader PKK pekon dan kecamatan setempat. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar